Jakarta (Humas) – Sabtu, 27 November 2021 tim manajemen kelas Bilingual Tahfidz bekerja sama dengan Komite MTsN 7 Jakarta menggelar Seminar Motivasi Penghafal Al-Qur’an untuk peserta didik kelas Bilingual Tahfidz. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para peserta didik dan mengoptimalkan potensi diri mereka dalam menghafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah wa syukurillah,  momentum seperti ini penting untuk dilaksanakan agar siswa-siswi bilingual tahfidz semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an, yang pada akhirnya juga dapat membentuk karakter mereka sebagai muslim-muslimah sejati, menampakkan cahaya qurani dalam berperilaku,” ujar Diding Ubaydillah, M.Pd. selaku ketua tim manajemen Bilingual Tahfidz dalam sambutannya.

Kegiatan seminar ini juga diawali dengan tilawah Alqur’an, nasyid, serta tahfidz beruntun. Acara puncak diisi dengan pemberian materi seminar motivasi oleh narasumber yakni Siti Wardatul Jannah Badri, Lc. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan kiat-kiat menghafal Al-Qur’an yang baik, “Pertama, niat karena Allah Ta’ala, jauhkan rasa ujub dan riya’. Kedua, lancarkan terlebih dahulu bacaan Al-Qur’an. Ketiga, Siapkan jiwa, raga, dan kalbu kita pada keadaan yang bersih. Keempat, melengkapi doa dengan bershalawat dan bertawassul. Kelima, cari metode menghafal Al-Qur’an yang paling cocok untuk diri sendiri. Keenam, perhatikan waktu yang tepat untuk menghafal. Ketujuh, tentukan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Kedelapan, muroja’ah dan menjaga hafalan. Kesembilan, pilih satu mushaf Al-Qur’an yang akan dipakai seterusnya untuk dihafal. Kesepuluh, pahami arti dan pelajari tafsir Al-Qur’an,” papar Siti Wardatul.

Narasumber juga memberikan stimulus kepada peserta didik dengan metode menghafal menggunakan bahasa isyarat. “Metode ini dapat dilakukan untuk ayat-ayat Al-Qur’an yang sifatnya tematik, sehingga bisa diperagakan atau diisyaratkan,” ujar Siti Wardatul.

Selain itu beberapa peserta didik juga diuji hafalan Al-Qur’annya, yang mana untuk satu semester ini sudah ada peserta didik yang memiliki hafalan hingga 3 juz. (NM)

Dokumentasi:

 

 

2 thoughts on “Seminar Motivasi Penghafal Al-Qur’an, Kelas Bilingual Tahfidz “Alqur’an dalam Penanaman Karakter Islami””
  1. Masya Allah semoga Anak anak kita semua menjadi anak yang qurani
    Bisa hafidz Qur’an dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari
    Aamiin ya Rabb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twelve + seven =