Jakarta (Humas) — Kamis (09/02) Alhamdulillah kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamiin kelas VII MTs N 7 Jakarta dengan tema Kearifan Lokal. Topik Adat dan Budaya adalah Kekayaan dan Pemersatu Bangsa telah selesai dilaksanakan untuk lebih memperkaya pengetahuan peserta didik tentang adat budaya yang ada di Indonesia dalam 1 hari penuh maka pesdik diajak langsung melihat dan mempelajari tentang budaya dari 6 daerah yakni di anjungan DKI Jakarta, Jawa Barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Dalam kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan mendapatkan penjelasan langsung dari masing-masing narahubung di anjungan-anjungan tersebut. Seperti baju adat, makanan daerah, upacara tradisional, senjata khas, dan masih banyak lagi.

Di anjungan DKI Jakarta, pesdik dan guru pendamping menyaksikan juga pemutaran film profil Provinsi DKI Jakarta, sejarah hingga perkembangan daerah ini dari masa ke masa. Di anjungan Jawa Barat, pesdik dengan penuh keceriaan diajari bermain angklung bersama-sama dengan lagu kolaborasi yakni Kicir-Kicir dan Rek, Ayo Rek. Di Anjungan Aceh peserta didik melihat langsung kemegahan dan keunikan rumah khas Aceh serta barang-barang tradisional di sana. Tak lupa, sebagian pesdik juga mencicipi masakan khas dari tanah rencong.

Sementara itu, di Anjungan Kalimantan Selatan, pesdik melihat beragam model perahu yang digunakan oleh suku asli di sana. Sambil menyusuri pinggiran danau TMII, pesdik juga mengenal berbagai miniatur pulau-pulau di Indonesia. Setelah itu, pesdik menyempatkan diri untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan beberapa rumah adat khas Sulawesi Selatan.

Kegiatan kunjungan berakhir di anjungan Jawa Timur. Dengan tour guide yang sangat ramah, peserta didik berkeliling melihat keindahan budaya yang dipamerkan di anjungan ini, seperti relief Majapahit, patung karapan sapi, alat musik, dan masih banyak hal mengagumkan lainnya dari kekayaan khasanah tradisi Nusantara.

(NM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 13 =